get app
inews
Aa
Read Next : Ratusan Orang di Bengkulu Utara Menjadi Korban  Investasi Bodong, Kerugian Capai 20 Milyar

Puluhan Kolam Jebol diterjang Banjir Petani Ikan Merugi Ratusan Juta

Selasa, 30 Agustus 2022 | 14:31 WIB
header img
Salah satu kolam milik petani ikan di wilayah Kecamatan Padang Jaya jebol diterjang banjir.bengkuluutara,iNews.id/Ismail Yugo

BENGKULU UTARA,iNews.id - Puluhan kolam di kawasan Minapolitan, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, jebol akibat banjir. Atas peristiwa ini petani mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah, Selasa (30/8/2022).

Intensitas curah hujan tinggi sejak satu hari lalu, mengakibatkan meluapnya sejumlah aliran sungai yang berada disekitar tanggul milik petani.

Keterangan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bengkulu Utara, kurang lebih belasan ton ikan milik petani lepas ke aliran sungai akibat meluapnya air.

"Kami masih mengumpulkan informasi dari petani ikan. Dampaknya luar biasa, akibat curah hujan sejak kemarin," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bengkulu Utara, Sugimin.

Pihaknya menghimbau para petani melakukan cek saluran air pada kolam secara berkala, mengingat curah hujan tinggi bisa saja terjadi sewaktu-waktu dalam beberapa hari kedepan.

Selaras, salah satu pengepul ikan kawasan Minapolitan, Kusyayin menyebutkan, petani yang dinaunginya mengalami kerugian kisaran 150 hingga 200 juta. Estimasi ini belum termasuk dalam dana perehaban kolam yang rusak akibat terjangan air.

"Estimasi dari pakan dan bibit dari keluarga dan petani kami diangka 150 juta lebih. Belum lagi dana rehab," kata Kusyayin melalui seluler.

Editor : Ismail Yugo

Follow Berita iNews Bengkuluutara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut