get app
inews
Aa Read Next : Bengkulu Truk Pick Up Lover Bagikan Ratusan Takjil di Jalur Lintas Bengkulu Lebong

Korupsi Dana Bantuan Kemendes Rp 700 Juta Warga Lebong ditetapkan Tersangka

Selasa, 06 Desember 2022 | 21:43 WIB
header img
KN, Ketua Kelompok TPKK Langit Biru menjalani pemeriksaan di depan penyidik.BengkuluUtara,iNews.id/Ismail Yugo

LEBONG,iNews.id - KN, Ketua Kelompok TPKK Langit Biru, Desa Sukau Kayo, Kecamatan Lebong Atas, Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, resmi ditetapkan sebagai tersangka, Selasa (6/11/2022).

Dirinya resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan tindak pidana korupsi (TPK) bantuan Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PID-PEL).

Catatan Kepolisian menyebutkan, bantuan ini merupakan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes- PDTT) Republik Indonesia pada Tahun Anggaran (TA) 2019.

Penetapan tersangka KN usai kepolisian gelar perkara yang digelar pada Kamis (1/12) lalu di Polda Bengkulu.

"Untuk gelar perkara sudah kita laksanakan pada hari Kamis minggu kemarin," kata Kasat Reskrim Polres Lebong, Polda Bengkulu Iptu Alexander

Dalam hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu, ditemukan kerugian negara sebesar Rp 767.691.642 dari total pagu sebesar Rp 1.283.336.000 pada tahun anggaran 2019 lalu.

Meski nilainya Rp 1,2 miliar, namun proyek tersebut dikerjakan secara swakelola. Dan dilaksanakan oleh Kelompok TPKK Langit Biru. Dengan tim teknis yang melaksanakan, kelompok yang dibentuk bersama oleh Pemerintah Desa Sukau Kayo dan BUMDes Desa Sukau Kayo.

Dalam perkara ini, KN diduga melakukan penyimpangan penggunaan anggaran PIID -PEL Desa Sukau Kayo TA 2019. Dengan kegiatan pengelolaan dan budidaya jagung.

Tersangka dalam kasus ini dijerat dengan Pasal 2 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Sementara yang akan kita sidik baru 1 tersangka. Saat ini tersangka sudah kita amankan di Polres Lebong untuk dimintai keterangan," demikian Alex.

Editor : Ismail Yugo

Follow Berita iNews Bengkuluutara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut