get app
inews
Aa
Read Next : Bengkulu Truk Pick Up Lover Bagikan Ratusan Takjil di Jalur Lintas Bengkulu Lebong

Tak Terima ditahan Seorang Diri Tersangka Korupsi Dana Bantuan Kemendes di Lebong Mulai "Bernyanyi"

Kamis, 08 Desember 2022 | 20:06 WIB
header img
Tersangka Korupsi dana bantuan Kemendes mulai menyebut nama-nama penerima aliran dana haram.iNewsBengkuluUtara.id/Ismail Yugo

LEBONG,iNewsBengkuluUtara.id - Tak terima ditetapkan sebagai tersangka tunggal dalam dugaan tindak pidana korupsi, tersangka KN mulai bernyanyi dan menunjuk beberapa orang yang terlibat, Kamis (8/11/2022).

Penasihat Hukum KN, yakni Dwi Agung Joko Purwibowo mengatakan, mengutip keterangan kliennya, bukan hanya dirinya yang menikmati aliran dana haram tersebut. 

Terdapat sejumlah nama yang mendapatkan aliran dana hasil korupsi dana bantuan dari Kemendes-PDDT Tahun 2019 lalu.

"Saya telah ditunjuk sebagai penasihat hukumnya. Kliennya merasa tidak puas karena tersangka tunggal," ujar Agung mengutip keterangan kliennya.

Agung mengatakan, pihaknya keberatan jika hanya kliennya yang menjadi tersangka. Terlebih nilai bantuan mencapai Rp 1,2 Milyar.

Dirinya meyakinkan, dalam sebuah kasus korupsi, tidak pernah ada pelaku tunggal, karena ada pihak lain yang juga ikut bermain dalam sebuah kasus korupsi. 

"Itu dikarenakan karakter korupsi yang sistemik dan tidak mungkin pelakunya sendiri, pasti ada pihak lain yang membantu," beber Agung.

Ia juga mendukung penyidik Satreskrim Polres Lebong untuk  mendalami perkara ini, yang mana penyidik bisa menambahkan Pasal penyertaan (Pasal 55 Ayat 1 KUHP) dalam pengembangan kasus korupsi ini. 

“Adanya Pasal 55 Ayat 1 KUHP mengindikasikan  tersangka lain kasus korupsi bukan pelaku tunggal. Artinya ada pihak lain yang diduga mengetahui dan terlibat dalam perkara," demikian Agung.

Editor : Ismail Yugo

Follow Berita iNews Bengkuluutara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut