get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Varian Catur, Permainan yang Mirip Catur Pengembangan dari Catur yang Jarang Orang Tahu

Profil Susanto Megaranto Belajar Catur dari Ayah, Semua Anak di Kampung Ditantang Bertanding

Rabu, 09 Agustus 2023 | 19:30 WIB
header img
Profil Susanto Megaranto adalah pemain catur dari Indonesia lahir pada 8 Oktober 1987 dalam usianya terbilang muda yakni 17 tahun sudah meraih gelar grand master (GM). Tampak Susanto Megaranto saat melatih catur anak-anak beberapa waktu lalu. Foto: Kunthadi/Dok

JAKARTA, iNewsBengkuluUtara.id - Profil Susanto Megaranto adalah pemain catur dari Indonesia lahir pada 8 Oktober 1987 dalam usianya terbilang muda yakni 17 tahun sudah meraih gelar grand master (GM). Dengan predikat itu menjadikan Susanto Megaranto menjadi pemain catur profesional termuda asal Indonesia. 

Susanto Megaranto juga berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Utut Adianto, yang meraih gelar Grandmaster pada usia 21 tahun. 

Selama 4 tahun berturut-turut, dari tahun 2006 hingga 2010, Susanto Megaranto berhasil meraih kemenangan dalam Kejuaraan Catur Indonesia.

Yang menarik, keahlian Susanto dalam memahami strategi dalam permainan catur tidak didapat dari pendidikan formal seperti sekolah catur, melainkan diajarkan langsung oleh ayahnya di kampung.

Bahkan, Susanto juga sering mengundang tetangganya untuk bermain catur di desanya sebelum akhirnya memutuskan untuk menguji kemampuannya dalam kompetisi profesional pada tahun 1995, ketika ia masih berusia 7,5 tahun.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bengkuluutara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut