get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Varian Catur, Permainan yang Mirip Catur Pengembangan dari Catur yang Jarang Orang Tahu

Pembukaan Catur Terbaik Langkah Awal Strategi Kalahkan Lawan

Selasa, 08 Agustus 2023 | 11:11 WIB
header img
Pembukaan catur terbaik sering dicari oleh pecatur terutama bagi pemula. Foto: Shutterstock

BENGKULU UTARA, iNewsBengkuluUtara.id -  Pembukaan catur terbaik sering dicari oleh pecatur terutama bagi pemula. Nah, beberapa langkah awal dalam permainan catur dapat dianggap sebagai langkah-langkah yang paling penting yang akan Anda ambil. 

Pada tahap-tahap awal pembukaan catur terbaik ini, Anda akan merumuskan rencana awal dan berjuang untuk mendominasi posisi di papan catur. 

LIHAT JUGA: 8 Situs Catur Online Terpopuler di Dunia, Nomor 1 Pernah Libatkan Dewa Kipas dan Deddy Corbuzier

Bagi pemula, tidak perlu menghafal langkah-langkah pembukaan catur terbaik dengan tepat, tetapi lebih penting untuk memahami prinsip-prinsip pembukaan catur terbaik, seperti mengontrol pusat dan mengembangkan bidak serta buah catur. 

LIHAT JUGA: Inilah 4 Pembukaan Catur Paling Mematikan, Nomor 3 Paling Legendaris

Walaupun begitu, memiliki pengetahuan tentang beberapa pembukaan umum juga bermanfaat untuk membantu Anda merencanakan dengan baik. Namun, dalam pembukaan catur terbaik jangan terlalu mengandalkan hafalan, karena hal itu dapat membuat Anda merasa bingung.

1. Pembukaan Italia

Pembukaan Italia dimulai dengan 1.e4 e5 2.Kf3 Kc6 3.Gc4. Ide utamanya adalah mendominasi pusat dengan cepat menggunakan bidak dan kuda, lalu meletakkan gajah pada posisi yang strategis. Rencananya juga melibatkan rokade untuk melindungi raja.

2. Pertahanan Sisilia

Pertahanan Sisilia adalah pilihan populer bagi para pemain catur yang agresif menggunakan bidak Hitam. Biasanya, Putih akan bermain 2.Kf3 dan 3.d4 untuk menguasai ruang di pusat, tetapi ini memberi peluang kepada Hitam untuk menukar bidak pusat dengan gajah.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bengkuluutara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut