get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Orang di Bengkulu Utara Menjadi Korban  Investasi Bodong, Kerugian Capai 20 Milyar

Irigasi Jebol di Sejumlah Lokasi Warga Dua Desa di Padang Jaya ini Gigit Jari

Kamis, 21 Desember 2023 | 17:01 WIB
header img
Salah satu kerusakan jaringan sekunder irigasi Balai Sumatera 7 di Desa Marga Sakti.iNewsBengkuluUtara.id/Ismail Yugo

BENGKULU UTARA,iNewsBengkuluUtara.id -Warga Desa Marga Sakti dan Tanjung Harapan, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara, keluhkan jebolnya irigasi di wilayah setempat sejak beberapa waktu lalu, Kamis (21/12/2023).

Sektor perikanan dan pertanian terhenti lantaran jebolnya irigasi ini. Belum diketahui secara pasti kapan terjadinya kerusakan infrastruktur penunjang para petani.

Sejumlah warga mengaku kerusakan telah terjadi sejak beberapa bulan lalu, sementara warga lainnya mengungkapkan, jika terputusnya aliran air ini telah terjadi lebih dari satu tahun silam.

"Kami butuh air itu. Pastinya kerusakan kami lupa kapan. Namun rumput lokasi jaringan irigasi nampak jika kerusakan terjadi sejak lama," kata warga setempat, Sunyoto.

Warga berharap, irigasi yang jebol segera diperbaiki, agar masyarakat dapat menggunakan sarana ini untuk kebutuhan sehari-hari.

Meski demikian, jaringan sekunder dibawah naungan Balai Sumatera 7 ini, masih tetap mendapatkan gelontoran dana perawatan dari pihak terkait.

"Ada beberapa titik yang jebol. Kami sudah melaporkan ke pihak Balai. Bukan cuma satu, namun sejumlah pintu bagi mengalami bolong. Semoga tahun depan dapat dibangun," kata Kepala Desa Marga Sakti, Sumaryono, melalui seluler.

Dari pantauan media ini, selain rumput yang tumbuh subur, saluran irigasi dipenuhi material tanah dan sampah di sejumlah titik.

Menanggapi kondisi ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bengkulu Utara, akan segera menindaklanjuti kondisi ini.

"Terima kasih, kami akan melakukan kordinasi dengan pihak Balai Sumatera tujuh. Segera akan kami tindaklanjuti," kata Kepala Dinas PUPR Bengkulu Utara, Buyung Azhari.

Editor : Ismail Yugo

Follow Berita iNews Bengkuluutara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut