get app
inews
Aa Read Next : Tampar Tenaga Medis, Mantan Caleg Gagal di Bengkulu Utara Dilaporkan ke Polisi

Mapala UI Kampanyekan Pelestarian Hutan Indonesia di Hutan Lindung Bukit Daun

Kamis, 25 Januari 2024 | 16:35 WIB
header img
Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia atau Mapala UI menggelar kegiatan Satria Hutan Indonesia di Hutan Lindung Bukit Daun, Bengkulu Utara. Foto: Ist

BENGKULU UTARA, iNewsBengkuluUtara - Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia atau Mapala UI menggelar kegiatan Satria Hutan Indonesia dalam ajang memfasilitasi mahasiswa Universitas Indonesia yang berminat dalam hal kegiatan alam bebas, dan mengenal medan hutan dan gunung Indonesia dengan cara menjelajahinya secara bertanggung jawab.

Melalui Satria Hutan Indonesia, Mapala UI berharap bahwa para pemuda Indonesia bisa sadar akan kewajiban dalam keikutsertaannya, untuk turut menjaga kelestarian hutan. Satria Hutan Indonesia, berfokus pada isu perubahan iklim yang ekstrim dan berdampak jangka panjang pada suhu dan pola cuaca akibat dari kerusakan hutan.

Para Satria Hutan Indonesia memulai eksplorasinya di tanah Bengkulu, Bumi Rafflessia. Tim yang terdiri atas 42 orang Satria ini telah melakukan eksplorasi Hutan Lindung Bukit Daun selama 11 hari, terhitung sejak 16 Januari sampai dengan 27 Januari 2024. 

Selama eksplorasi,  tim Satria Hutan Indonesia akan mengamati dampak deforestasi di wilayah Hutan Lindung Bukit Daun, dengan mengumpulkan berbagai data relevan untuk dapat memahami lebih dalam proses deforestasi yang terjadi di dalam kawasan, mengingat kawasan Hutan Lindung Bukit Daun sejauh ini sudah terdampak deforestasi seluas 3.096 hektare (ha).

Selain itu, untuk mendukung penjagaan dan pelestarian Hutan Lindung Bukit Daun ini dilakukan pengamatan terhadap flora dan fauna endemik yang masih ada dan tersebar di dalam salah satu hutan tropis Bengkulu Utara tersebut.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bengkuluutara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut