get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Orang di Bengkulu Utara Menjadi Korban  Investasi Bodong, Kerugian Capai 20 Milyar

Gelar Tes Wawancara, Ketua KPU Bengkulu Utara: PPK Jangan Gaptek

Senin, 12 Desember 2022 | 10:08 WIB
header img
Ketua KPU Bengkulu Utara, Suwarto melemparkan sejumlah pertanyaan kepada peserta seleksi PPK.iNewsBengkuluUtara.id/Ismail Yugo

BENGKULU UTARA,iNewsBengkuluUtara.id - Komisi Pemilihan Umum Bengkulu Utara menggelar Tes Wawancara. Dalam penegasannya, Ketua KPU setempat mengatakan petugas PPK wajib piawai dalam mengakses informasi dan teknologi.

"Harus berintegritas dan melek informasi dan teknologi, itu wajib. Hal ini guna menunjang kinerja penyelenggaraan Pemilu 2024," kata Ketua KPU Bengkulu Utara, Suwarto.

Pada era digitalisasi saat ini, memahami dan piawai dalam mengakses informasi dan teknologi, sudah menjadi kebutuhan primer setiap individu. Dikatakan Suwarto, penerapan digitalisasi telah diterapkan sejak awal dibukanya pendaftaran PPK. Calon peserta hanya dapat mendaftar secara online.

Tahapan seleksi wawancara yang digelar diikuti setidaknya 285 peserta. Hari kedua diikuti setidaknya 93 peserta dari 6 Kecamatan meliputi, 15 peserta dari Kecamatan Giri Mulya, 16 peserta dari Kerkap, 16 peserta dari Hulu Palik, 16 peserta dari Arga Makmur, 15 peserta dari Lais dan 15 peserrlta lainnya dari Kecamatan Ketahun.

Kegiatan tes wawancara calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Kabupaten Bengkulu Utara ini diikuti oleh peserta yang dinyatakan Lulus Tes Seleksi Tertulis Online. Tercatat sebanyak 285 orang peserta tes wawancara terdiri dari laki - laki 181 orang peserta dan perempuan 104 orang peserta.

Secara spesifik materi dalam wawancara meliputi, penguasaan materi dan Strategi Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan, pengetahuan tentang tugas dan wewenang PPK Kecamatan serta peraturan Perundang-undangan mengenai Pemilu. Integritas diri, komitmen dan motivasi, kemampuan kepemimpinan dan kerjasama Tim dan kualitas kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi. Pengetahuan muatan lokal serta klarifikasi atas tanggapan dan masukan masyarakat.

Adapun Teknis Wawancara yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Bengkulu Utara dengan cara, presentasi oleh calon anggota PPK mengenai motivasi menjadi anggota PPK. Serta tanya jawab yang meliputi materi wawancara, presentasi dan klarifikasi atas tanggapan dan masukan publik.

"Nanti akan kita pilih 5 orang setiap Kecamatan. Pelantikannya nanti sesuai jadwal dilaksanakan tanggal 4 Januari," pungkas Suwarto.

Selain Ketua KPU Bengkulu Utara Suwarto, bertindak sebagai pewawancara hari ini adalah anggota KPU Bengkulu Utara Ramadiandri, Andi Perwira dan Sekretariat KPU Kabupaten Bengkulu Utara, Samsul Bahri .

Editor : Ismail Yugo

Follow Berita iNews Bengkuluutara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut