get app
inews
Aa Read Next : 6 Penyebab Gempa yang Membuat Bumi Bergetar Hebat

5 Gempa Mentawai Terbesar Sepanjang Sejarah, Nomor 1 Hampir Setara Gempa Aceh 2004

Senin, 17 Juli 2023 | 11:29 WIB
header img
Ilustrasi 5 Gempa Mentawai terbesar sepanjang sejarah. Foto: Istimewa

MENTAWAI, iNewsBengkuluUtara.id - Ada sekitar 5 gempa Mentawai terbesar sepanjang sejarah. Gempa Mentawai ini menimbulkan banyak korban jiwa di dalamnya. 

Berikut adalah lima gempa terbesar yang pernah terjadi di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Indonesia, sepanjang sejarah. Bahkan kekuatan magnitudonya hampir setara dengan gempa besar di Aceh pada 2004.

Gempa Mentawai Terbesar

1. Gempa Mentawai 2007

Tanggal: 12 September 2007

Magnitudo: 8,5

Keterangan: Gempa bumi berkekuatan 8,5 M mengguncang Kepulauan Mentawai dan sekitarnya. Gempa ini menyebabkan kerusakan parah dan menyebabkan gelombang tsunami dengan ketinggian hingga beberapa meter menghantam pantai-pantai di wilayah tersebut. Akibatnya, ratusan orang tewas, dan ribuan lainnya mengalami luka-luka dan kehilangan tempat tinggal.

2. Gempa Mentawai 2010

Tanggal: 25 Oktober 2010

Magnitudo: 7,8

Keterangan: Gempa bumi berkekuatan 7,8 M mengguncang daerah sekitar Kepulauan Mentawai. Gempa ini juga memicu gelombang tsunami yang menghantam beberapa pulau di wilayah tersebut. Akibatnya, puluhan orang tewas, dan ribuan orang kehilangan tempat tinggal dan mengalami kerugian materiil.

3. Gempa Mentawai 2014

Tanggal: 1 Agustus 2014

Magnitudo: 6,9

Keterangan: Gempa bumi berkekuatan 6,9 M terjadi di dekat Kepulauan Mentawai. Meskipun kekuatannya lebih rendah dibandingkan dua peristiwa sebelumnya, gempa ini masih menyebabkan kerusakan dan peringatan dini tentang potensi tsunami. Namun, tidak ada laporan langsung tentang tsunami yang signifikan akibat gempa ini.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Bengkuluutara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut