10 Hacker Terkenal di Dunia Bjorka Tak Masuk Daftar, Nomor 4 Bobol Rekening Raup Rp3,8 Triliun

Abriandi/iNewsKutai
.
Kamis, 15 September 2022 | 13:24 WIB
Hacker paling terkenal di dunia, nama Bjorkan tak masuk daftar

NEW YORK, iNewsBengkuluUtara.id - Simak ulasan 10 hacker paling terkenal di dunia, ternyata Bjorka tak masuk dalam daftar. Lantas siapa saja mereka?

Pekerjaan para hacker atau peretas ini biasanya mengincar data sensitif milik perorangan, pemerintah maupun koorporasi. Tujuannya beragam untuk menegakkan keadilan sosial bahkan membobol rekening demi gasak uang.

Hal itulah yang baru-baru ini dilakukan seorang hacker bernama Bjorka. Ia telah berhasil membobol dan meretas data sejumlah orang penting di Indonesia, mulai dari Presiden Jokowi hingga beberapa menteri.

Meski begitu sosok sang hacker masih jadi misteri. Peretasan sendiri bisa diartikan sebagai tindakan mengidentifikasi serta mengeksploitasi kerentanan sistem dan jaringan untuk mendapatkan akses tidak sah ke sistem tersebut. 

Kerja hacker pun tidak seluruhnya berbahaya dan terbagi dua kategori yakni peretas topi putih dan peretan topi hitam. Kategori pertama adalah insinyur yang bekerja membangun dan menguji kerentanan sebuah perangkat lunak.

Sementara peretas topi hitam bekerja untuk kepentingan pribadi dan memeras untuk data yang berhasil mereka curi atau mengembalikan sebuah sistem. Majalah CPO menyebut, pada 2021 lalu, peretasan menelan biaya total 6 triliun dolar atau naik tiga kali lipat dibanding 2019 lalu. 

Lalu siapa saja peretas paling terkenal sepanjang masa? Dikutip dari laman Kaspersky, Kamis (15/9/2022) berikut 10 peretas paling terkenal sepanjang masa.

Deret Hacker Paling Terkenal di Dunia

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini