Logo Network
Network

10 Hacker Terkenal di Dunia Bjorka Tak Masuk Daftar, Nomor 4 Bobol Rekening Raup Rp3,8 Triliun

Abriandi/iNewsKutai
.
Kamis, 15 September 2022 | 13:24 WIB
10 Hacker Terkenal di Dunia Bjorka Tak Masuk Daftar, Nomor 4 Bobol Rekening Raup Rp3,8 Triliun
Hacker paling terkenal di dunia, nama Bjorkan tak masuk daftar

7. Michael Calce

Pada Februari 2000, Michael Calce yang berusia 15 tahun menemukan cara untuk mengambil alih jaringan komputer universitas. Dia menggunakan sumber daya gabungan mereka untuk mengganggu mesin pencari nomor satu saat itu, Yahoo. 

Dalam satu minggu, hancker yang dikenal berjuluk "Mafiaboy" itu membobol Dell, eBay, CNN, dan Amazon menggunakan serangan distributed-denial-of-service (DDoS) yang membuat server perusahaan kewalahan hingga down.

8. Kevin Poulsen

Pada 1983, Poulsen berusia 17 tahun, menggunakan nama samaran Dark Dante, meretas ARPANET, jaringan komputer Pentagon. Meskipun dia cepat ditangkap, pemerintah memutuskan untuk tidak menuntut Poulsen, yang saat itu masih di bawah umur. Sebaliknya, dia dilepaskan dengan peringatan.

Poulsen tidak mengindahkan peringatan ini dan melanjutkan peretasan. Pada tahun 1988, Poulsen meretas komputer federal dan menggali file yang berkaitan dengan presiden terguling Filipina, Ferdinand Marcos. 

Ketika ditemukan oleh pihak berwenang, Poulsen pergi ke bawah tanah. Sementara dia dalam pelarian, Poulsen tetap sibuk, meretas file pemerintah dan mengungkapkan rahasia. Menurut situs webnya sendiri, pada tahun 1990, dia meretas kontes stasiun radio dan memastikan bahwa dia adalah penelepon ke-102, memenangkan Porsche baru, liburan, dan $20.000.

Poulsen segera ditangkap dan dilarang menggunakan komputer selama tiga tahun. Sejak saat itu dia beralih ke peretasan topi putih dan jurnalisme, menulis tentang keamanan siber dan penyebab sosial-politik terkait web untuk Wired, The Daily Beast dan blognya sendiri Tingkat Ancaman. 

Paulson juga bekerja sama dengan peretas terkemuka lainnya untuk mengerjakan berbagai proyek yang didedikasikan untuk keadilan sosial dan kebebasan informasi. 

9. Jonathan James

Menggunakan nama samaran comrade, Jonathan James meretas beberapa perusahaan. Menurut New York Times, yang paling menarik adalah peretasannya ke komputer Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada usia 15 tahun saat itu. 

Dalam sebuah wawancara dengan PC Mag, James mengakui bahwa ia sebagian terinspirasi oleh buku The Cuckoo's Egg, yang merinci perburuan peretas komputer pada 1980-an. 

Peretasannya memungkinkan dia untuk mengakses lebih dari 3.000 pesan dari pegawai pemerintah, nama pengguna, kata sandi, dan data sensitif lainnya. James ditangkap pada tahun 2000 dan dijatuhi hukuman enam bulan tahanan rumah dan dilarang menggunakan komputer untuk rekreasi. 

Namun, pelanggaran masa percobaan menyebabkan dia menjalani hukuman enam bulan penjara. Jonathan James menjadi orang termuda yang dihukum karena melanggar undang-undang kejahatan dunia maya. 

Pada 2008, James bunuh diri dengan tembakan. Menurut Daily Mail, catatan bunuh dirinya menyatakan, “Saya tidak percaya pada sistem 'keadilan'. Mungkin tindakan saya hari ini, dan surat ini, akan mengirimkan pesan yang lebih kuat kepada publik. Either way, saya telah kehilangan kendali atas situasi ini, dan ini adalah satu-satunya cara saya untuk mendapatkan kembali kendali.

10. ASTRA

Peretas ini berbeda dari yang lain dalam daftar ini karena ia tidak pernah diidentifikasi secara publik. Namun, menurut Daily Mail, beberapa informasi telah dirilis tentang ASTRA. 

Dia disebutkan ditangkap oleh pihak berwenang pada tahun 2008, dan saat itu dia diidentifikasi sebagai matematikawan Yunani berusia 58 tahun. Dilaporkan, dia telah meretas ke dalam Grup Dassault, selama hampir setengah dekade. 

Selama waktu itu, dia mencuri perangkat lunak dan data teknologi senjata mutakhir yang kemudian dia jual kepada 250 orang di seluruh dunia. Peretasannya merugikan Dassault Group sebesar $360 juta. 

Tidak ada yang tahu mengapa identitas lengkapnya tidak pernah terungkap, tetapi kata 'ASTRA' adalah kata Sansekerta untuk 'senjata'.

Demikian ulasan 10 hacker paling terkenal sepanjang masa.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Bengkuluutara di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini