get app
inews
Aa Read Next : Bupati Bengkulu Utara Melarang Pungutan dengan Dalih Apapun ke Wali Murid

Malam Tahun Baru, Ratusan Honorer Dirumahkan, Kepala Dinas Dikbud Lebong Membisu

Sabtu, 31 Desember 2022 | 21:15 WIB
header img
Ratusan honorer dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lebong resmi dirumahkan terhitung malam tahun baru

LEBONG, iNewsBengkuluUtara.id - Malam pergantian tahun baru 2023 sepertinya menjadi malam yang kelabu bagi ratusan Tenaga Harian Lepas Terdaftar (THLT) alias honorer di jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lebong.

Sebab, ratusan honorer yang berada di seluruh jajaran Dinas Dikbud Lebong dirumahkan sesuai surat Plt. Kepala Dinas Dikbud Lebong, Elvian Komar, S.Ag tanggal 30 Desember 2022.

Surat edaran nomor 800/3250/Dikbud/2022 tanggal 30 Desember 2022 ditunjukan kepada THLT di Dinas Dikbud dan THLT di sekolah.

Dikutip dari surat edaran ini, disampaikan kepada seluruh THLT di lingkungan dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebong, bahwa surat keputusan Bupati Lebong tentang pengangkatan THLT berakhir sampai tanggal 31 Desember 2022.

"Terhitung tanggal 2 Januari 2023, THLT tidak melaksanakan tugas lagi sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan," bunyi surat yang ditandatangani Plt. Kepala Dinas Dikbud Elvian Komar, S.Ag.

Salah seorang THLT di lingkungan Dinas Dikbud Lebong sebut saja Mawar-bukan nama sebenarnya-membenarkan dirumahkannya honorer di lingkungan Dinas Dikbud Lebong per 31 Desember 2022 tersebut.

"Iya dirumahkan, tapi ini khusus untuk THLT yang bekerja dikantor saja. Biasanya, honorer guru tidak ikut dirumahkan dan masih tetap mengajar seperti biasa," kata Mawar, Sabtu (31/12/2022).

Meski dalam surat Plt. Kepala Dinas Dikbud Lebong ditujukan kepada THLT alias honorer di sekolah, namun biasanya hal ini tidak berlaku bagi honorer guru. Mereka akan tetap mengajar seperti biasa.

"Tapi tergantung dengan Kepala Sekolah masing-masing, masih membutuhkan atau tidak. Itupun kalau Kepala Sekolah nya sanggup untuk membayar honor guru ini melalui dana BOS," terang dia.

Mawar mengaku jika dirumahkannya honorer jelang tahun baru ini sudah hampir setiap tahun terjadi, nantinya mereka akan diminta untuk mendaftar kembali setelah ada pemberitahuan resmi rekrutmen honorer oleh Pemda Lebong.

"Biasanya nanti akan di rekrut lagi, tapi akan melalui proses dari awal lagi. Artinya, mendaftar lagi, tes lagi," jelas dia.

Sayangnya, Plt. Kepala Dinas Dikbud Lebong, Elvian Komar, S.Ag, masih membisu terkait dengan dirumahkannya ratusan honorer di lingkungan Dinas Dikbud Lebong yang terungkap malam tahun baru ini.

Dihubungi melalui ponselnya dan pesan WhatsApp yang dikirimkan iNews.id, Komar belum memberikan tanggapan.

Editor : Debi Antoni

Follow Berita iNews Bengkuluutara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut