get app
inews
Aa Read Next : Bupati Lebong Belum Serahkan Laporan Harta Kekayaan ke KPK, Ketua DPRD Belum Lapor Sejak 2021

Dugaan Penyelewengan Deposito APBD Lebong Rp 50 Miliar, Pinca BRI Curup Tidak Bisa Diganggu

Jum'at, 13 Januari 2023 | 19:00 WIB
header img
Kantor Bank Rakyat Indonesia Cabang Curup. iNewsBengkuluUtara.id/Istimewa

Erik juga mengakui bahwa deposito APBD Lebong tahun anggaran 2021 ini dilakukan atas dasar Surat Keputusan (SK) Bupati Lebong nomor 377 tahun 2021 tentang penetapan besaran kas daerah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Curup dalam bentuk deposito tertanggal 25 Oktober 2021.

"Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) kita berada di Bank Bengkulu," kata Erik.

Dalam Peraturan Bupati (Perbub) Lebong nomor 45 tahun 2021 tanggal 25 Oktober 2021, pada pasal 2 ayat (2) diterangkan tujuan investasi deposito untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kemudian pada pasal 4 ayat (7) deposito disimpan pada bank umum milik pemerintah harus memperhatikan tingkat suku bunga yang kompetitif.

Mekanisme investasi deposito yang diatur dalam pasal 4 Perbub nomor 45 tahun 2021, dijelaskan dalam ayat (1) Bendahara Umum Daerah (BUD) membuat telaah kepada Bupati mengenai rincian deposito, jangka waktu deposito dan Bank umum milik pemerintah yang akan ditunjuk.

Kemudian pada ayat (5) menerangkan berdasarkan keputusan Bupati tentang penempatan deposito, BUD melakukan pemindahbukuan sejumlah nominal dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke rekening deposito atas nama Pemerintah Daerah pada bank umum milik pemerintah yang ditunjuk penyimpan deposito.

Editor : Debi Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut