get app
inews
Aa Read Next : Kejati Bengkulu Pulbaket Jalan Embong Panjang-Semelako, Pelapor: Kejati Jangan Cuma Gertak Sambal

2 Pejabat Pemda Lebong Diperiksa Kejati Bengkulu, Devi: Sudah Setahun Kami Laporkan

Senin, 16 Januari 2023 | 14:00 WIB
header img
Kegiatan pelebaran jalan Embong Panjang-Semelako tahun 2021 senilai Rp7,3 miliar oleh CV. QQ, dibidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu. iNewsBengkuluUtara.id/Istimewa

Kegiatan pelebaran jalan Embong Panjang-Semelako menelan APBD Lebong tahun 2021 yang bersumber dari DAU sebesar Rp7,3 miliar. Kegiatan ini dimenangkan oleh CV. QQ yang beralamatkan di Jalan Citarum 2 Nomor 9 Bengkulu.

Masih memakai jasa CV. QQ, Dinas PUPR-Hub Kabupaten Lebong tahun anggaran 2022 kembali melanjutkan kegiatan ini dengan anggaran sebesar Rp 979 juta. Dan pada tahun anggaran 2023 ini, masih akan dilanjutkan kembali dengan anggaran lebih kurang Rp 900 juta.

Kabid Bina Marga Haris Santoso kepada awak media sebelumnya, mengakui pelabaran jalan Embong Panjang-Semelako yang dilaksanakan tahun anggaran 2021 mengalami perubahan Detail Engginering Desain (DED) dari 5 kilometer menjadi 3 kilometer. Pihaknya beralasan jika perubahan DED ini dilakukan karena keuangan anggaran yang tidak memungkinkan.

Dalam Contract Change Order (CCO) atau perubahan perencanaan awal pada proyek konstruksi ini juga terdapat banyak titik yang perlu dilakukan pasangan pelapis hingga pemasangan saluran drainase. Secara aturan CCO ini diperkenankan karena perubahan perencanaan awal pada proyek konstruksi ini disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Meski telah dilakukan CCO, namun hingga berakhirnya masa kontrak CV. QQ tidak mampu menyelesaikan sisa 2 persen pekerjaan fisik tersebut. Dan dari opname yang dilakukan Dinas PUPR-Hub Lebong, fisik pelebaran jalan Embong Panjang-Semelako ini hanya 98 persen.

Editor : Debi Antoni

Follow Berita iNews Bengkuluutara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut